Android Vs iOS, Mana yang Lebih Bagus?

Photo: Apptimize

Photo: Apptimize

RUMAHWACANA.com – Android Vs iOS. Saat ini banyak orang yang masih bingung untuk memilih Android atau iOs. Manakah yang lebih bagus? Mana yang lebih nyaman digunakan? Menimbang  keduanya ini merupakan sistem operasi yang cukup berpengaruh di dunia seluler.Masing-masing sistem memiliki penggemarnya masing-masing dan bahkan ada banyak pengguna handphone yang cukup fanatik untuk tidak berganti pilihan ke sistem operasi lain. Masing – masing juga memberikan keunggulan yang tidak kalah satu sama lain.

Memilih predikat OS terbaik memang cukup sulit untuk diberikan ke salah satunya. Apalagi masing-masing OS ini memiliki keunggulan dan kualitas tersendiri. iOs adalah sistem operasi besutan Apple yang disematkan dalam berbagai gadget produksi vendor raksasa tersebut. Mulai dari iPhone, iPad, serta iMac – semuanya disemati dengan iOs yang dapat di update setiap ada perbaruan sistem software  Sedangkan Android adalah sistem operasi ciptaan Google yang  perkembangannya yang begitu pesat walaupun tergolong masih baru. Saat ini saja Android mampu bersaing sejajar dengan gadget milik Apple. Apalagi OS ini sifatnya open source – jadi memungkinkan developer-developer aplikasi untuk mengembangkan software ciptaan mereka

Tetapi jika masih bingung, berikut ini akan dipaparkan perbandingan keduanya supaya tidak bingung lagi untuk memilih mana yang terbaik untuk anda. Tapi perlu diingat bahwa kata “terbaik” adalah sebuah predikat yang selalu bergulir dan berganti karena masing-masing pihak akan terus berusaha untuk meningkatkan kualitas dari software dan hardware.

Untuk membahas lebih jauh mengenai perbandingan Android Vs iOS ini, kamu dapat membacanya dibawah ini.

Android Vs iOS, Mana yang Lebih Bagus?

Untuk para gamer

Tak dapat dipungkiri, ada banyak dari kita yang doyan sekali bermain game. Entah itu game mudah seperti Angry Birds atau yang membutuhkan perangkat berat seperti game-game RPG animasi. Bila Anda membeli smartphone untuk bermain game, Anda perlu mempertimbangkan daya tahan dari kedua platform tersebut. Dari segi ketersediaan game, App Store milik iOs masih mengungguli Play Store milik Android.

Ada banyak game papan atas seperti Walking Dead dan Infinity Blade yang awalnya hanya tersedia bagi pengguna iOs. Selain itu, App Store memiliki banyak game berkualitas yang tidak dipunyai oleh Android. Tentu saja, bila anda adalah seorang fanatik game, kemampuan untuk menjadi yang pertama men-download, adalah sebuah kepuasan tersendiri.

Maka, jika untuk para gamer, iOs lah OS yang paling cocok.

Kemudahan berbagi data

Pada iOS iPhone, masalah berbagi data jika berbeda OS ini cukup sulit. Bagi para pengguna iOs, tampaknya Apple tidak mengijinkan Anda mentransfer foto lewat Bluetooth ke ponsel platform Android. Inilah yang membuat iPhone terasa ekslusif. Lain halnya dengan Android. Banyaknya gadget yang ber-platform Android mempermudah pengiriman gambar, music, serta file-file lain via Bluetooth. Bahkan ada banyak file sharing apps yang bisa didownload lewat Play Store.

Untuk kemudahan dalam berbagi data, Android merupakan OS yang sesuai.

Memori eksternal

Untuk pengguna iPhone, anda diwajibkan memilih kapasitas memori saat membelinya. Entah itu 8 GB, 16 GB atau 32 GB. Tentu saja, Anda harus benar-benar berpikir secara matang sebelum melakukan pembelian. Bisa jadi smartphone tersebut tidak mampu memuat aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan. Berbeda dengan Android, ada banyak pilihan kapasitas memori yang dapat dipilih dan diekspansi hingga 32 GB. Hal ini akan mempermudah para penggunanya dalam mengatur file-file yang ada.

Dari segi memori eksternal, androidlah pemenangnya.

Kamera

Hasil jepretan kamera iPhone terlihat lebih tajam dan bagus dibandingkan android dengan menggunakan megapiksel yang sama. Apple tidak pernah main-main dalam membenamkan fitur kameranya. Setiap ponsel iPhone hadir dengan kamera beresolusi tinggi serta ukuran sensor yang besar pula. Sensor ini bertugas untuk menangkap cahaya yang nantinya berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan.

Pada kamera iPhone 5S contohnya, besaran aperture diperlebar menjadi f2.2 sehingga sensitivitas cahaya pun semakin meningkat. Selain itu, Apple juga membekali ponsel ini dengan Digital Signal Processor yang dapat mengatur koreksi warna, white balance serta tone mapping agar gambar dapat fokus dan cahayanya bagus. Bahkan teknologi ini umum ditemukan di kamera DSLR.

Untuk seorang yang senang berfoto, OS iOS akan menjadi pilihan yang tepat.

Fitur widget

Widget merupakan andalan dari platform Android. Para pengguna smartphone dapat menikmati kebebasan melakukan personalisasi pada menu home mereka. Anda dapat menaruh apps apa saja  pada layar misalnya, music player, email, BBM atau kamera. Jadi, hape Android Anda memiliki tampilan yang berbeda dan tiada duanya. Para pengguna iOs tidak dapat mengubah tampilan home atau mengubah font-font apabila tidak dilakukan Jail Break.

Harga

Harga akan menjadi sebuah pertimbangan penting saat membeli handphone. Saat ini, menjamurnya gadget berbasis Android dapat mencakup semua kalangan. Berbeda dengan platform iOs. Harganya sudah ditentukan oleh Apple dan tidak banyak pilihan gadget yang tersedia karena iPhone maupun iPad memiliki seri yang urut dan setiap tahunnya hanya merilis satu hingga dua model anyar saja. Harga dari iPhone terbaru pun cukup fantastis dan pasti di atas 5 juta. Anda pun harus menunggu sampai seri barunya dirilis baru Anda dapat memperoleh seri lama dengan harga murah.

Kualitas aplikasi

Karena Android lebih memiliki development yang bebas, maka kualitas aplikasinya cenderung tidak terkontrol. Aplikasi yang jelek sekalipun dapat terdaftar di Play Store dan bila Anda kurang beruntung, Anda bisa merasa jengkel saat mengunduh sesuatu yang tidak sesuai harapan. Lain halnya dengan iOs – karena terbatasnya ruang gerak developer, maka hanya kualitas yang terbaik yang ada pada App store.

Ragam gadget

Saat ini, konsumen tidak ingin dibatasi dengan hanya satu atau dua pilihan saja. Oleh karena itulah, Android masih menjadi platform terfavorit di pasar gadget dunia. Hal ini dikarenakan lini Android tidak terpaku pada satu merk ponsel saja. Ada banyak pilihan gadget dengan berbagai desain yang dapat menarik minat kalangan lebih luas dibandingkan dengan produk Apple yang terbatas. Selain itu, handphone besutan Apple memang kurang kompatibel dengan sistem di luar iOs.

Nah, itulah perbandingan antara Android Vs iOS. Masing-masing memiliki keunggulan serta kekurangan. Jadi kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan kamu itu sendiri.

Android Vs iOS, Mana yang Lebih Bagus? | Rumah Wacana |