Jenis – Jenis Android dan Perbedaannya Terbaru

Jenis Android dan PerbedaannyaRUMAHWACANA.com –  Jenis Android dan Perbedaannya, Istilah android saat ini sudah tidak asing lagi ditelinga kebanyakan orang di jaman sekarang karena pada umumnya tiap orang sudah memakai handphone pintar atau dikenal dengan smartphone dengan sistem operasi berjenis android. Baik dari yang kualitasnya high – end ataupun low – end. Dari yang memiliki merk yang terkenal sampai yang tidak terkenal. Dan seiring dengan perkembangan jaman, versi dan tingkat android pun selalu berkembang demi terciptanya kesempurnaan dan performa yang semakin canggih. Saat ini sudah ada beberapa versi dan tingkat android yang selalu jadi update OS Android ini. Semakin tinggi tingkat versi android semakin baik pula kinerjanya. Berikut jenis – jenis android dan perbedaannya yang perlu kamu ketahui dari os android versi 1 hingga versi 5.

Android sudah sangat populer dan banyak digunakan sebagai OS pada smartphone terkenal. Nah manakah yang lebih baik antara Android dan iOs? Inilah Perbedaan android dan iOS, mana yang lebih baik menurutmu?

Jenis – Jenis Android dan Perbedaannya Terbaru

Android memiliki macam-macam versi dari versi 1 hingga versi 5 yakni lollipop. Berikut  penjelasan mengenai versi android dari yang paling awal sampai yang paling akhir atau penjelasan mengenai jenis android dan perbedaan dari os android. Berikut Jenis Android dan Perbedaannya.

1. Android Versi 1.1

Android versi 1.1 dirilis tanpa adanya nama yang disematkan, jenis ini hanya berlaku bagi ponsel T-Mobile G1. Android jenis ini dirilis pada 9 Maret 2009 oleh Google.

Fitur – fitur utama yang dimilikinya adalah sebagai berikut:

  • Maps – Menambahkan rincian serta ulasan ketika pengguna melakukan pencarian di google maps
  • Dialer – Menampilkan secren timeout ketika melakukan panggilan
  • Messaging – Menyimpan lampiran
  • System –  Mendukung fitur layout marquee

Fitur – fitur tersebut disupport oleh Google mail service dengan pembaruan etis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail dan pemberitahuan email.

2. Android Cupcake (Versi 1.5)

Android jenis cupcake versi 1.5 ini merupakan versi kedua. Versi ini merupakan hasil dari pengembangan seri sebelumnya yaitu seri android 1.1 yg diluncurkan pada bulan februari tahun 2009.

Spesifikasi yang dimiliki oleh android cupcake adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai kemampuan merekam dan menonton video melalui camcorder.
  • Upload video ke youtube dan upload gambar ke picasa langsung dari telepon seluler.
  • Aplikasi baru soft-keyboard dengan fungsi text prediction.
  • Bluetooth A2DP dan AVRCP support
  • Mempunyai kemampuan otomatis terhubung ke perangkat Bluetooth dengan jarak tertentu.
  • Widget baru dan folder dapat dikumpulkan di layar home.

3. Android Donut (Versi 1.6)

Jenis Android dan Perbedaannya selanjutnya, Setelah Android Cupcake, Android kemudian merilis versi terbaru yakni android 1.6 disebut dengan Donut pada 30 april 2009 dengan kemampuan yaitu adanya peningkatan pada android market, integrasi kamera, perekam video dan tampilan galeri, aplikasi galeri yang baru memungkinkan pengguna memilih banyak foto untuk dihapus, aplikasi voice search yang diperbaharui menjadi lebih cepat merespon dan itegrasi dengan aplikasi yang lain termasuk kemampuan mencari kontak, aplikasi search yang ditingkatkan untuk bisa mencari bookmarks, history, kontak, dan web dari layar home, peningkatan dukungan teknologi untuk CDMA/EVDO.802.1x, VPNs, dan mesin text to speech Mendukung resolusi layar WVGA,  terdapat speed improvement in searching and camera applications, perbaikan kecepatan di aplikasi pencarian dan aplikasi kamera, dan yang terakhir, android versi ini mampu melakukan  upgrade ke versi 2.1 (Éclair).

4. Android Éclair (Versi 2.1)

Android Éclair merupakan versi Android generasi keempat. Android jenis ini memiliki kemampuan yang lebih meningkat dari jenis sebelumnya, diantaranya : adanya optimalisasi kecepatan hardware, mendukung lebih banyak ukuran layar dan resolusi layar, revamped UI, User interface baru pada browser dan dukungan html 5, daftar kontak baru, rasio putih-hitam yang lebih baik untuk backgrounds, peningkatan aplikasi Google Maps 3.1.2, dukungan untuk Microsoft Exchange, mendukung Flash untuk kamera, Digital Zoom, peningkatan  pada    aplikasi virtual keyboard, Bluetooth 2.1 dan juga Live Wallpapers. Jenis Android dan Perbedaannya dan perkembangan OS Android terbaru 2016.

5. Android Frozen Yogurt/ Froyo (Versi 2.2)

Jenis Android dan Perbedaannya dari versi 1 hingga versi 5 berserta penjelasannya. Android Frozen Yogurt atau disebut juga dengan Android Froyo diluncurkan pada tahun 2010. Performa pada Android ini sudah lebih meningkat dari jenis sebelumnya dengan tambahan fitur – fitur seperti :

  • Sudah dilengkapi Adobe Flash yang diklaim memiliki kecepatan 3 sampai 5 kali lebih cepat dari versi sebelumnya
  • Mampu merekam video dengan HD Quality
  • Dapat meletakkan aplikasi dalam MMC/SD Card
  • Dapat dijadikan Hotspot
  • Terdapat kemampuan auto update dalam Android Market

6. Android Gingerbread (Versi 2.3)

Android Gingerbread sudah mampu meningkatkan kinerja dan performa berbagai macam aplikasi atau fitur – fitur umum dalam device android. Diantaranya yaitu sudah mendukung adanya kamera Depan pada aplikasi kamera, sudah ada kemampuan telepon via internet atau Voice over IP tanpa aplikasi tambahan, tentu dengan setting SIP manual, tampilannya pun lebih rapih dan mudah dipelajari, menu dan tema visual diperbaiki oleh Google sehingga memudahkan navigasi, tersedia shortcut untuk sebuah aplikasi bernama Manage Applications untuk lebih mudah mengatur aplikasi. Pada android ini pengguna bisa melihat berapa besar memori yang diserap oleh masing-masing aplikasi yang sedang berjalan. Berikut Jenis Android dan Perbedaannya dari versi awal hingga versi terakhir.
Input Teks Lebih Cepat – Keyboard Android Gingerbread dijanjikan akan lebih baik, dengan beberapa perubahan lokasi dan bentuk. Selain itu ada kemampuan memperbaiki salah ketik lewat kamus bawaan, kemampuan untuk memilih (select) lalu melakukan Copy, Cut atau Paste di Gingerbread menjadi semakin baik. Cara penggunaannya mirip yang dilakukan Apple pada iOS, lengkap dengan marker yang bisa digeser sebelum menyalin.

7. Android Honeycomb (Versi 3.0/3.1)

Android Honeycomb merupakan salah satu bersi android yang dikhususkan untuk pengguna tablet. Oleh karena itu, android ini tidak dapat digunakan pada ponsel smartphone. Fitur – fitur serta kecanggihannya nya juga telah disesuaikan untuk pengguna tablet agar bekerja lebih maksmial. Diantaranya adalah :

  • Terdapat Efek grafik 3 dimensi yang bisa bekerja dengan mulus walaupun untuk aplikasi dengan kebutuhan kinerja grafis tinggi. Efek 3D ini juga tersedia untuk aplikasi, wallpaper, dan grafik lainnya.Serta antarmuka pengguna (UI) Honeycomb yang didesain ulang khusus untuk tablet dengan memperhitungkan ukuran layar yang lebih besar .
  • Layar muka Honeycomb memakai papan menu yang selalu nampak di bagian bawah layar yang berisi notifikasi, status sistem, dan navigasi di layar selain tampilan jam, mode redup, dan lain-lain.
  • Melakukan multitaskingpun lebih mudah dengan adanya peluncur aplikasi yang baru dijalankan (recent apps). Tool ini terdapat di sistem bar sehingga selalu terlihat dan memudahkan untuk berpindah antaraplikasi tanpa perlu masuk ke dalam menu.
  • Melakukan Copy/paste yang lebih baik dengan tambahan opsi menu untuk operasi manipulasi teks. Papan menu di bagian atas akan menyediakan berbagai opsi seperti cut, copy, copy ke clipboard, share, paste, pencarian ke web, hingga pencarian lokal.
  • Terdapat peningkatan koneksi termasuk wifi dan Bluetooth untuk tethering sehingga bisa mempercepat penyambungan koneksi sementara dengan Bluetooth pengguna bisa melakukan tether dan membagi koneksinya dengan perangkat lain termasuk dukungan ke perangkat sederhana yang tidak memiliki antarmuka pengguna.
  • Dapat melakukan penjelajahan web secara privat termasuk mode incognito untuk melakukan pencarian di web secara diam-diam. Selain itu browsernya juga diubah dari multi-window menjadi tabulasi dengan halaman terbuka akan ditampilkan pada papan yang berada di bagian atas layar. Sinkronisasi bookmark juga tersedia berkat opsi akun Google untuk segala aktivitas.
  • Tombol fungsi menu yang ada di ponsel Android digantikan dengan menu Action Bar. Ada juga opsi bagi developer untuk membuat tata letak bagi layar yang lebih besar dan menambahkannya pada aplikasi yang sudah mereka buat.
  • Pengorganisasian email lebih mudah dengan tampilan dua bagian layar. Dan terdapat fitur sinkronisasi email.

8. Android Ice Cream Sandwich/ ICS (Versi 4.0)

Android jenis ini merupakan android jenis pertama yang mempunyai fitur membuka kunci dengan pengenalan wajah.  Peningkatan lainnya dari versi yang sebelumnya, antara lain:

  • Home Screen terlihat dengan gaya layaknya honeycomb (versi android untuk tablet) tetapi kita dapat merubah ukuran widget sesuka kita, sehingga tampilannya akan terlihat lebih nyaman.Ikon aplikasi dapat diseret ke dalam folder, ala IOS. Tampilannya pun lebih elegan, fitur notifikasi lebih interaktif, perbaikan dengan sejumlah font baru yang optimal untuk display HD, dapat melihat aplikasi terkini (recent apps), yang baru dibuka dan bisa multi tasking dalam membuka apps.
  • Perubahan pada browser yang cukup sigifikan terletak pada tampilannya yaitu browser dapat membuka hingga 16 tab, dan tampilannya pun tidak berbentuk horizontal pada umumnya, namun berbentuk vertikal dan bertumpuk. Dapat membuka dengan versi desktop dengan mudah dengan cukup memilih option – full screen.
  • Pada aplikasi Gmail kita dapat memilih beberapa email sekaligus untuk mempercepat pengarsipan.
  • Pada android jenis ini kita dapat melihat aplikasi apa yang paling menyedot kuota internet lalu membatasi kuota untuk aplikasi
  • Dapat berbagi foto langsung dari dalam kamera, dan dalam melihat semua gambar kita tidak hanya diorganisasi oleh waktu tetapi dengan lokasi atau bahkan orang-orang serta dapat melakukan beberapa pengeditan dasar pada kamera.
  • Terdapat fitur Face Unlock yaitu kita bisa membuka kunci (unlock) dengan identifikasi wajah
  • Dapat mengambil foto dengan tombol kamera meski ponsel terkunci, dan terdapat fitur panorama
  • Sudah dilengkapi dengan Google+ yang dapat melakukan telekonferensi hingga dengan sepuluh orang dengan fitur Hangout di Google+
  • Dapat menekan tombol perintah suara dan mulai berbicara, tapi teks langsung muncul saat Kita masih berbicara.
  • Terdapat fitur Android Beam yang berdasarkan teknologi NFC dan dengan teknologi NDEF Push, dua ponsel Android yang menggunakan teknologi NFC bisa melakukan pertukaran data dan informasi hanya dengan men-tap, sama seperti menggunakan bluetooth.

9. Android Jelly Bean (Versi 4.1)

Android Jelly Bean tidak berbeda jauh dengan versi sebelumnya, hanya ada beberapa perubahan yang membuat Jelly Bean terlihat lebih ‘manis’ dibandingkan Android jenis Ice Cream Sanwich. Diantaranya yaitu : Jelly Bean dirancang untuk mengoptimalkan kemampuan System on Chip (SoC) pada tiap-tiap ponsel. Terdapat optimalisasi pada prosesor sehingga meningkatkan responsifitas ponsel.Jadi bukan cuma sentuhan saja yang direspon dengan cepat, Jelly Bean juga membuat perpindahan aplikasi.  Terdapat Aplikasi Google Now untuk memberikan banyak informasi kepada penggunanya yang dapat bekerja menggunakan search history dari browser, kalender serta lokasi pengguna.

10. Android Jelly Bean (Versi 4.2)

Pada jenis ini hamper mirip dengan jenis sebelumnya yaitu versi 4.1 tetapi diklaim lebih pintar dan inovatif. Fitur – fitur yang diperbaharui antara lain Notifications, Google Assistant, Face Unlock dengn Liveness Check, Barrel Roll, Smart Widget, Google Now, Technology Project Butter untuk meningkatkan responsifitas yang sangat baik, Sistem Operasi yang cepat dan ringan, Full Chrome browser untuk menjelajah internet menggunakan Google Chrome seperti pada PC.

11. Android Jelly Bean (Versi 4.3)

Android Jelly Bean versi 4.3 merupakan android dengan teknologi smart Bluetooth yang membuat Bluetooth aktif tanpa membuat baterai cepat terkuras. Pada jenis ini juga sudah mendukung fitur Open GL ES 3.0 dan juga performa grafis yang lebih bagus, lebih halus dan realistis. Kecepatan kinerja nya pun lebih cepat lagi. Jenis Android dan Perbedaannya.

12. Android Kitkat (Versi 4.4)

Tidak terdapat banyak perubahan pada Android jenis Kitkat ini. Tetapi cukup dirasa lebih baik dari versi sebelumnya. Diantaranya seperti fitur multi tasking yang lebih cepat memberikan respon, visual yang lebih baik lagi, terdapat tombol tambahan pada kunci layar untuk memungkinkan pengguna bermain game dan bisa langsung masuk ke dalam menu galeri pada waktu yang bersamaan. Pada photo editor, terdapat beberapa fitur efek, filter, dan tools lainnya dan dapat mengembalikan hasil editan ke bentuk semula.

Terdapat aplikasi Google Hangouts pada android kitkat ini. Google hangouts dapat mengelompokkan semua SMS, MMS, video call dan chatting pada satu tempat. Selain itu, terdapat fasilitas Cloud Printing dimana pengguna dapat melakukan printing secara nirkabel/ mengirimkan perintah ke laptop/ PC yang terhubung dengan printer, dan juga dapat mengakses aplikasi kamera dari layar yang terkunci.

13. Android Lollipop (Versi 5.0)

Android jenis Lollipop ini merupakan android dengan versi yang paling baru yang sudah ada dari pertengahan tahun 2015.  Android lollipop dinilai lebih cepat, lebih halus dan lebih responsif dengan adanya sistem ART, yaitu sebuah runtime yang dapat meningkatkan kinerja aplikasi beberapa kali lipat. User interface juga mendukung kedalaman 64 bit. Dari segi grafis, grafis yang ditampilkan lebih halus dengan kedalaman warna ditingkatkan untuk hardware spec rendah sekalipun. Audio dan video juga mendukung untuk berbagai format. Fitur – fitur juga semakin lebih baik lagi dari versi sebelumnya.

Seperti adanya fitur notifikasi baru yang memungkinkan pengguna membaca suatu pesan tanpa melakukan buka kunci pada layar utama. Baterai pada android ini lebih hemat dengan adanya konektivitas yang flexible  serta keamanan pun meningkat dengan adanya beberapa fitur seperti smart lock dan enkripsi data yang lebih menjamin keamanan data. Terdapat fitur new quick setting yaitu fitur setting cepat dengan hanya menggeser kebawah dua kali tanpa harus masuk ke menu setting. Yang paling membedakan untuk android jenis lollipop ini adalah adanya fitur android TV yang dipermudah degan mengakses Google Cast dan melakukan pencarian menggunakan suara untuk Google Play, Youtube dan aplikasi lainnya. Serta terdapat tambahan  15 bahasa baru, yaitu Bahasa Basque, Burma, China (Hongkog), Galicia, Islandia, Kannada, Kyrgyz, Macedonia, Malayalam, Marathi, Nepal, Sinhala, Tamil, dan Telugu. Itulah Jenis Android dan Perbedaannya.

Itulah mengenai jenis – jenis android dan perbedaannya yang ada dari yang paling awal sampai yang terakhir saat ini. Pada jenis manakah handphone smartphone android yang kamu miliki? Dan ketahuilah perbedaan OS Android jelly bean dan kitkat. perbedaan os android kitkat dan lollipop. Perbedaan OS Android jelly bean dan lollipop.

Jenis – Jenis Android dan Perbedaannya Terbaru | Rumah Wacana |