Keamanan Jaringan dan Jenis-Jenisnya

RUMAHWACANA.com – Keamanan jaringan merupakan hal yang paling di butuhkan dalam melindungi segala aktifitas kita. Apalagi dalam jaringan komputer memiliki sifat yang publik dan universal. Dalam aktifitas dari jaringan komputer ini akan memberikan dampak secara langsung. Insiden Jaringan memiliki beragam jenis. Berikut penjelasannya :

Keamanan Jaringan dan Jenis-Jenisnya

  1. Probe
    Adanya usaha yang tidak berhak dilakukan untuk dapat mengendalikan dan memperoleh atau meraih ke dalam suatu system yang memiliki tugas untuk mencari tahu tentang sumber informasi dari system itu sendiri.
  2. Scan
    Merupakan dari kegiatan dari probe dalam jumlah yang cukup besar dengan menggunakan tools secara otomatis. Tools tersebut secara otomatis akan memberikat infomasi mengenai port-port berapa saja yang terbuka pada local host dan host remote.
  3. Account Compromise
    Dalam sebuah komputer, memilki akun secara ilegal  yang digunakan bukan dari administrator. Account Compromise dapat mengalami kehilangan data ataupun kerusakan data. Jika dibiarkan maka secara otomatis terjadinya insiden account compromisedapat mengalami kerusakan lebih lanjut dan dapat terjadinya kerusakan data yangsangat besar.
  4. Root Compromise
    Root Compromise serupa dengan Account Compromise. Hanya saja perbedaan Account yang di gunakan oleh bukan  administrator. Sedangkan Root Compromise , penyusup yang berhasil melakukan root compromise dapat melakukan apa sja pada sistem korban, seperti termaksud menjalankan program, mengubah sistem kerja dan lain sebagainya.
  5. Packet Sniffer
    Merupakan suatu device, baik perangkat lunak serta perangkat keras yang bertujuan untuk memproleh informasi yang melewati jaringan komputer. Packet Sniffer berfungsi membuat NIC ( Network Interface Card ). Keberadaan sniffer sulit terdeteksi jika dilakukan kombinasi antara perangkat lunak dan perangkat keras. Hal ini di sebab karena aplikasi tersebut sangat pasif dan tidak meninggalkan jejak pada sistem.
  6.  DOS ( Daniel Of Service )
    Database merupakan data yang sangat penting serta pelayanan-pelayang yang di berikan oleh pihak pemberi jaringan. Dengan hal ini kebanyakan para user menggunakan fasilitas-fasilitas yang di berikan oleh pihak pemberi jaringan agar pekerjaan yang dilakukan lebih baik. Jika pelayanan ini tidak di manfaatkan maka akan menyebabkan kehilangan seluruh produktifitas dan sulit untuk menentukan penyebab terjadinya Daniel Of Service.
  7. Exploitation of Trust
    Sebelum mengambil ke putusan, komputer akan memeriksa file-file yang memspesifikasikan komputer lain yang ada dalam jaringan tersebut. Jika penyerang membuat identitas mereka tersamar seakan penyerang tersebut menggunakan komputer yang dapat di percayai. Maka komputer tersebut dapat memproleh akses komputer lain secara ilegal.
  8. Malicios Code
    Merupakan program apabila di eksekusi maka akan menyebabkan sesuatu yang tidak di inginkan para user. Malicios Code merupakan Trojan horse, Virus, dan Worm. Biasanya Trojan horse dan virus menyusup ke suatu file dan juga program. sedangkan Worm adalah program yang dapat di publikasikan diri dan menyebarkan intervensi setelah program tersebut di jalankan.

Keamanan Jaringan dan Jenis-Jenisnya | M. Handokho |