Pengertian 7 Layer OSI (Open System Interconnection)

RUMAHWACANA.com – OSI di ciptakan oleh International Standard Organization ( ISO ) yang menyediakan  kerangka logika terstruktur, bagaimana proses terjadinya komunikasi data melalui jaringan. Standarisasi ini di kembangkan oleh industri komputer agar komputer dapat melakukan komunikasi dengan jaringan yang berbeda secara baik dan efisien.Berikut lapisan-lapisan Model OSI

Pengertian 7 Layer OSI

  1. Application Layer
    Menyediakan aplikasi pengguna dan bertanggung jawab atas periklanan informasi antar program komputer. Fungsi Layer ini untuk memberikan antarmuka pada pelayan ke user. Berupa aplikasi untuk komunikasi antar program di tiap mesin pengguna jaringan.
  2. Presentation Layer
    Data di konversikan dan di format untuk mentransfer data. Fungsi dari layer ini yaitu untuk mengatasi masalah pada layer agar user tidak menyelasaikan masalah yang di timbulkan.
  3. Session Layer
    Menentukan bagaimana dua terminal menjaga, memelihara, dan mengatur koneksi. Layer ini berfungsi untuk sesi komunikasi ( Login, Remote Time Sharing ), mengatur metode pengiriman data dan menyediakan layanan sesi komunikasi, mengendalikan lalu lintas dalam 2 arah dalam satu waktu, membuka, mengatur  dan menutup sesi komunikasi.
  4. Transport Layer
    Bertanggung jawab atas membagi data menjad segmen, menjaga koneksi logika End to End antara terminal dan menyediakan penanganan error. Transport berfungsi untuk menerima dari Session Layer, untuk memecah bagian-bagian kecil lalu menuju ke network layer.
  5. Network Layer
    Menentukan alamat jaringan, menentukan rute yang harus diambil selama proses, dan menjaga antara trafik di jaringan. Network berfungsi untuk mengendalikan sistem subneting dengan melewatkan paket data dari satu node ke node yang lain.
  6. Data Link Layer
    Layer ini menyediakan untuk  data dan memaketkannya menjadi frame yang berhubungan dengan hardware kemudian diangkat melalui media komunikasi denagn kerangka logika. Data Link Layer berfungsi untuk mengatur bentuk topologi jaringan, error notification, flow control kemudian mentransmisikan data dan mentransformasikan data. Hal ini mencegah terjadinya jutaan frame, agar lebih kecil ukurannya. Data Link Layer tidak dapat mengindahkan format paket, karena hanya mengidentifikasikan bentuk format frame dengan menambahkan bit pada awal dan akhir. Jika terjadi kerusakan pada frame, maka Data Link akan mengirimkannnya kembali yang bisa menimbulkan duplikasi frame.
  7. Pysichal Layer
    Layer ini bertanggung jaawab atas proses data menjadi bilangan dan mentransferkan data melalui media. Pysichal Layer berfungsi mengatur interface fisik seperti Lan Card, WLAN Card, DTE, dan DCE. Lapisan ini antara lain memiliki, 10 BaseT, 100 BaseT, V35, dan High Speed Interface

Pengertian 7 Layer OSI (Open System Interconnection) | M. Handokho |