Cara Menghubungkan Laptop Ke Laptop Tanpa Kabel
Cara Menghubungkan Laptop Ke Laptop Tanpa Kabel

Cara Menghubungkan Laptop Ke Laptop Tanpa Kabel

Posted on

Cara menghubungkan laptop ke laptop bisa dilakukan tanpa menggunakan kebel LAN. Dengan adanya fasilitas atau fitur ini tentu akan menjadi keuntungan tersediri bagi pengguna.

Pasalnya, jika ada dua pengguna laptop yang ingin saling membagi data/file dan mereka tidak memiliki media transmisi untuk mentransfer data tersebut, seperti halnya menggunakan flashdisk dan juga tidak menggunakan koneksi jaringan lokal ataupun publik dari router (WiFi) di sekitaran mereka yang biasanya dapat digunakan seperti berbagi data/file dalam satu jaringan.

Lalu media transmisi apa yang digunakan untuk cara menghubungkan laptop ke laptop tanpa kabel ini?

Media transmisi agar kedua laptop ini terhubung adalah dengan menggunakan jaringan wireless (WiFi card) yang ada pada laptop. Sederhananya, salah satu dari kedua laptop tersebut akan seolah-olah akan membuat jaringan baru (WiFi portable). Kemudian laptop yang satu lagi dapat masuk ke jaringan WiFi portable tersebut layaknya seperti WiFi pada umunya.

Fitur jaringan Ad hoc dapat dinikmati oleh pengguna sistem operasi seperti Windows 7, windows 8 hingga windows 10 tentu sangat membantu penggunanya. Jaringan Ad hoc merupakan cara menghubungkan dua laptop tanpa kabel dan juga tidak membutuhkan perantara access point (router) untuk menghubungkan kedua perangkat tersebut.

Selain dapat berfungsi untuk sharing atau transfer file, ada sebagian game offline yang dapat bermain bersama-sama dengan teman yang hanya membutuhkan jaringan lokal untuk keduanya dapat terkoneksi dalam satu jaringan. Maka kamu dapat menggunakan fitur ini tanpa perlu membawa kabel LAN, sehingga kamu dan teman kamu dapat bermain bersama dalam satu jaringan.

Oleh karena itu, hal ini tentu sangat menarik untuk kita bahas. Langsung saja kita simak langkah-langkah cara menghubungkan laptop ke laptop tanpa kabel dibawah ini:

Kelebihan Menggunakan Jaringan Ad hoc

  • Hemat biaya dan tanpa menggunakan peralatan yang lainnya.
  • Dapat mengakses jaringan secara realtime
  • Dapat diakses lebih dari dua laptop

Kekurangan Menggunakan Jaringan Ad hoc

  • Proses data transfer lambat
  • Jarak akses jaringan tidak begitu luas
  • Sering terjadi kesalahan dan packet loss pada saat proses transfer data

Cara Menghubungkan Laptop Ke Laptop Tanpa Kabel

Cara menghubungkan dua laptop tanpa kebel dapat dilakukan dengan mudah. Mungkin ada beberapa pengguna Windows yang jarang ‘menyentuh’ fitur bawaan dari Windows ini.

Dengan menggunakan jaringan adhoc, kita tidak perlu khawatir lagi jika ingin berbagi atau trasnfer file/data tidak membawa media penyimpanan seperti flashdisk ataupun hardisk eksternal.

1. Tekan tombol windows, lalu pada kolom search bar windows ketik adhoc, kemudian enter.

2. Pada tahap awal set up wireless ad hoc network, langsung saja klik next.

Setting Jaringan Ad hoc
Setting Jaringan Ad hoc

3. Kemudian masukan name SSID atau nama WiFi beserta passwordnya sesuai dengan keinginan kamu. Untuk password masukan minimal 8 karakter dan klik next. Tunggu prosesnya sampai selesai.

Cara Menghubungkan Dua Laptop Tanpa Kabel
Masukan Nama WiFi beserta Passwordnya

Setingan diatas dilakukan pada laptop pertama, setelah selesai maka langsung saja kita ke laptop kedua dengan menghubungkannya melalui jaringan WiFi portable yang dibuat oleh laptop pertama. Klik ikon jaringan yang ada pada menu toolbar dipojok kanan paling bawah, lalu masuk ke WiFi portable yang di create laptop pertama (ikon tiga laptop yang terhubung).

Baca : Cara Memindahkan Foto Dari HP Ke Laptop

Pada tahap ini, kita telah selesai menghubungkan laptop dengan laptop tanpa kabel. Maka selanjutnya untuk melakukan proses berbagi file atau data (sharing) ada beberapa yang harus kita setting, diantaranya seperti berikut ini:

Cara Transfer File/Data Menggunakan Jaringan Ad Hoc (Sharing)

Ketika selesai setup cara menghubungkan laptop ke laptop diatas, maka ada yang perlu kita setting sebelum melakukan sharing file, yaitu pada bagian koneksi jaringan (IP, dll) adhoc yang sudah kita buat tadi, baik pada laptop pertama dan juga laptop kedua.

1. Klik kanan ikon jaringan pada toolbar dipojok kanan paling bawah, lalu pilih Open Network and Sharing Center.

2. Selanjutnya klik Wireless Network Connection (nama WiFi) yang ada pada bagian Connections

Menghubungkan Dua Laptop Tanpa Kabel
Setting Alamat IP

3. Lalu Klik properties > kemudian double klik pada bagian IP version 4.

4. Masukan alamat IP seperti berikut ini yang ada pada laptop pertama dan laptop kedua.

Alamat IP laptop 1

Cara Menghubungkan Laptop Ke Laptop Tanpa Kabel
Alamat IP Laptop 1 Jaringan Adhoc

Alamat IP laptop 2

Cara Menghubungkan Laptop Ke Laptop Tanpa Kabel
Alamat IP Laptop 2

Keterangan : alamat IP yang digunakan harus dalam kelas yang sama, disini kami menggukana kelas C. Pada laptop 1 kamu hanya perlu masukan IP address dan subnetnya saja dan tidak terlalu perlu untuk nmasukan gateway, namun berbeda pula dengan laptop kedua, default gateway harus dimasukan dan IP default gateway yang dimasukan adalah alamat IP laptop 1.

Jika kamu masih bingung pada tahapan ini, silahkan ikuti settingan atau konfigurasi yang seperti kami lakukan.

5. Setelah itu pastikan kedua laptop sudah saling terhubung dengan melakukan ping di CMD.

Tes Koneksi Jaringan Antara Laptop 1 dan Laptop 2
Tes Koneksi Jaringan Antara Laptop 1 dan Laptop 2

6. Selanjutnya tinggal kamu pilih file mana yang ingin di transfer. Sebagai contoh kami melakukan trasnfer data dari laptop pertama ke laptop kedua.

[Laptop pertama] Caranya kamu buat folder atau masukan file kamu ke dalam folder, lalu klik kanan pada folder tersebut > klik Properties > pilih tab Sharing > klik Share > pilih tipe Everyone lalu klik Add dan terakhir klik Share.

Sharing File Menggunakan Jaringan Adhoc
Sharing File Menggunakan Jaringan Adhoc

7. Lalu kita beralih ke laptop kedua. Tekan tombol windows + R secara bersamaan untuk membuka Run. Setelah itu masukan alamat IP laptop kedua yang diawali \\ (double backslash).

8. Kemudian kamu akan mendapati folder yang telah di share oleh laptop pertama. Selanjutnya tinggal kamu copy/ salin saja ke direktori media penyimpanan yang ada pada laptop kedua. Selesai!

Cara Transfer File Menggunakan Jaringan Ad Hoc
Cara Transfer File Menggunakan Jaringan Ad Hoc

Baca : Cara Melihat Pengguna WiFi Indihome

Akhir Kata

Menggunakan jaringan adhoc adalah salah satu solusi untuk menghubungkan dua laptop agar terhubung antar komputer. Selain laptop, komputer (PC) juga bisa menggunakan fitur ini selama di komputer tersebut terdapat WiFi eksternal.

Sesuai dengan fungsinya bahwa jaringan adhoc adalah cara menghubungkan laptop ke laptop tanpa menggunakan kabel, sehingga kamu tidak memerlukan router/access poin dan juga kabel LAN untuk menghubungkan kedua perangkat ini. Dalam transfer file (sharing) proses settingan atau konfigurasinya sama saja jika menggunakan koneksi WiFi ataupun kabel LAN.

Itulah cara menghubungkan laptop dengan laptop tanpa menggunakan kabel yang bisa kamu coba jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Apabila kamu baru mengetahui fitur ini, maka tidak ada salahnya juga untuk dicoba.